Selamat Datang di Situs Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur, Email : bpp.pucanglaban@gmail.com, website : http://bpppucanglaban.blogspot.com - Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Selalu Peduli Demi Kesejahteraan Masyarakat Tani

Rabu, 30 Mei 2012

Diklat Jurnalistik Pengelolaan Blog BPP

INFORMASI. Sebuah kata yang menjadi pilar utama dan pertama dalam aktivitas penyuluhan, termasuk dalam hal ini aspek pertanian. Validitas merupakan ruh yang akan membawa informasi tersebut ke arah yang bermaslahat atau justru sebaliknya, khianat. Untuk menuju opsi yang baik (maslahat) maka Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Jurnalistik Pengelolaan Blog BPP bagi para Penyuluh Pertanian pada tanggal 29 – 31 Mei 2012 (angkatan I) dan 30 Mei – 1 Juni 2012 (angkatan II). Bertempat di Gedung Pertemuan BKPP, para peserta begitu antusias mengikuti prosesi pelaksanaan dengan semangat yang tinggi.

Dalam mata rantai informasi pertanian di lapangan, penyuluh pertanian ibarat obor yang menerangi kegelapan pengetahuan para masyarakat tani, khususnya, dan stakeholder pada umumnya. Oleh karenanya, validitas informasi yang memuat fakta berupa data lapangan (primer maupun sekunder) harus bisa dipertanggung-jawabkan dengan penuh baik secara vertical (Tuhan) maupun horizontal (manusia).

Pada zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, semua pihak tanpa terkecuali dituntut untuk selalu up to date dalam mengikuti perkembangan serta kemajuan dalam segala bidang, termasuk dalam penerapan TEKNOLOGI INFORMASI. Cyber, merupakan salah satu teknologi informasi yang sangat berkembang pesat di semua kalangan, lebih-lebih para kawula muda. Para penyuluh pertanian, meskipun rata-rata sudah tidak bisa dikatakan lagi sebagai kawula muda, namun harus mampu mengikuti serta mengoperasikan teknologi cyber tersebut dengan baik dan benar.

Untuk mengawali, memudahkan, dan membiasakan dengan dua item penting, yakni informasi dan teknologi informasi, para peserta merasa bahwa diklat semacam ini sangat membantu dalam melaksanakan amanah kerja di lapangan. Selain itu, tentunya dalam rangka menambah pula aspek pengetahuan, keterampilan maupun pembentukan sikap para penyuluh pertanian dalam kaitannya dengan jurnalistik secara online. 

Pemateri Jurnalistik (Ibu Tjut Zakiyah Anshari dan Bapak Siwi) sedang memaparkan mengenai Produk-produk dalam Jurnalistik
Perwakilan dari BPP Pucanglaban (Pak Muhromin dan Pak Sandis) sedang mencermati dan memilah isi dari surat kabar

Para peserta begitu antusias mengikuti prosesi diklat Jurnalistik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar