Selamat Datang di Situs Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur, Email : bpp.pucanglaban@gmail.com, website : http://bpppucanglaban.blogspot.com - Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Selalu Peduli Demi Kesejahteraan Masyarakat Tani

Selasa, 05 Maret 2013

Pertemuan Teknis THL TBPP Se-Kabupaten Tulungagung Tahun 2013

Pagi hari lebih kurang pk. 08.15 WIB di Hari Selasa, 5 Maret 2013, hiruk pikuk sudah membahana di areal aula pertemuan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kabupaten Tulungagung. “Kegaduhan” itu bersumber dari perbincangan, gelak tawa, serta sendau gurau para THL TBPP yang menghadiri undangan Pertemuan Teknis THL TBPP Se-Kabupaten Tulungagung yang dilaksanakan tepat pk. 08.30 WIB. Turut dihadirkan juga seluruh Koordinator I Penyuluh Pertanian di masing-masing kecamatan yang tersebar di kota kecil sentra marmer tersebut.

Ditandai dengan sambutan oleh Kepala BKPP, Bapak Ir. Sigit Setyawan, M.M., acara dimaksud telah dibuka. Di dalam sambutannya dikemukakan bahwa pentingnya untuk melaksanakan pengawalan dan peningkatan produksi serta produktivitas lima (5) jenis komoditi esensial yang dibutuhkan oleh masyarakat, yaitu beras (padi), jagung, kedelai, gula (tebu), dan daging (sapi). Tentunya, hal dimaksud dilakukan oleh para penyuluh pertanian yang secara implisit tentunya dan dipastikan THL TBPP juga termasuk di dalamnya sebagai pelaku penting dalam menopang keberhasilan pelaksanaan maupun hasil akhirnya.

Kenapa hal itu perlu dilakukan? Karena saat ini Negara Indonesia yang terkenal dengan unen-unen jawa "gemah ripah loh jinawi" justru sangat gemar melakukan import terhadap komoditi yang telah disebutkan di atas. Bahkan dalam sesi acara tersebut Bapak Ir. Bambang Soerodjo (Koordinator Jabatan Fungsional BKPP Kabupaten Tulungagung) sempat menambahkan dengan gurauan khasnya bahwa negara yang masyarakatnya sangat miskin ini ternyata telah mengkonsumsi daging (sapi) sangat mahal. Memang tak bisa dipungkiri, sungguh tragis dan penuh dilematis…!

Dengan demikian diharapkan Indonesia, khususnya Kabupaten Tulungagung sendiri, bisa meraih “gelar” BERDAULAT PANGAN, menurut istilah dari Bapak Ir. Usmalik, M.Si., Sekretaris BKPP Kabupaten Tulungagung. Selain kelima komoditi yang telah disebutkan, dalam acara tersebut dibahas pula mengenai Kawasan Rumah Lestari dan Keamanan Pangan (makanan sehat tanpa campuran bahan-bahan non pangan).

Bapak Kepala BKPP, Ir. Sigit Setyawan, M.M. (memegang microphone) sedang membuka acara Pertemuan Teknis THL TBPP, didampingi Sekretaris BKPP Bapak Ir. Usmalik, M.Si. (nomor tiga dari kiri) beserta Bapak Ibu Kepala Bidang lingkup BKPP Kabupaten Tulungagung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar