Selamat Datang di Situs Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur, Email : bpp.pucanglaban@gmail.com, website : http://bpppucanglaban.blogspot.com - Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Selalu Peduli Demi Kesejahteraan Masyarakat Tani

Jumat, 30 November 2012

Si Gincu Merah... Sang Pemuas Dahaga Pembawa Berkah

Apakah masih tersimpan dengan baik di memori kita wajah Angelina Julie atau Pamela Anderson? Bibirnya… Waaahh, merah, merekah, indah, tapi tidak murah! Karena tidak bisa dinikmati setiap orang yang ingin mencicipinya. Namun bila kita ingin tetap mencicipi yang waaahh, merah, merekah, indah, justru murah meriah, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika sebagaimana tempat tinggal artis tersebut. Desa Demuk, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Cukup kita menempuh waktu selama lebih kurang 45 menit dari pusat kota dengan jarak tempuh sekitar 25 km, kita bisa mendapatkan… ROSELLA !!! begitu waaahh, merah, merekah, indah, murah meriah, dan … didapatkan dengan mudah!

Tumbuhan rosella. Tergolong tanaman perdu yang bisa mencapai 5 meter tingginya dengan berhias bunga-bunga yang merah merekah disetiap tangkainya. Di dalam setiap bunga tersebut terdapat bulatan (ovarium) dengan diameter yang bisa mencapai 2,0 - 2,5 cm yang didalamnya terdapat biji-biji kecil dengan jumlah mencapai 50 biji. Bila ditanam, setiap biji mampu menjadi satu tanaman yang akan tumbuh kembang dengan bunga-bunganya nan indah. 
Teh rosella, minuman seduhan alami yang nikmat dan berkhasiat juga “berlabel” sehat. Dapat dinikmati dengan air dingin, dapat pula diseduh dengan air yang hangat. Caranya, petik bunga rosella yang masih segar sebanyak 4-5 kuntum bunga (bisa juga dikeringkan bunganya). Pisahkan kuntum bunga dengan bulatan pembungkus biji. Cuci bersih bunganya, masukkan dalam wadah/ gelas, kemudian seduh dengan air panas 200 – 250 ml sambil ditekan-tekan supaya sari rosella yang berwarna merah keluar dan larut dalam air. Biarkan selama 5 menit. Saring, bagi yang suka manis bisa tambahkan sedikit gula atau lebih baik madu. Bisa juga ditambahkan jeruk nipis secukupnya. Dijamin, dahaga kita dipastikan terpuaskan dengan nikmat merahnya rosella! Selain mampu mendatangkan kenikmatan, dalam 100 gramnya mengandung vitamin C dengan proporsi 280 mg. Kemudian, vitamin B1, B2, juga vitamin D. Selain itu juga kalsium (Ca) 486 mg, magnesium (Mg), omega 3, beta karoten, asam amino esensial (lysine dan agrinine). 
(Sumber : DEP.KES.RI.No.SPP.1065/35.15/05). 
Dengan demikian, rosella membawa manfaat positif sebagai obat herbal baik preventif maupun kuratif untuk berbagai macam penyakit, di antaranya : anti oksidan, anti kanker, anti hipertensi, kesehatan liver, osteoporosis (pengeroposan tulang), kesehatan ginjal (laksative dan diuretic alami), batuk yang diserta dahak, dan lain sebagainya. Ingin mencoba? Cari bijinya, tanam di pekarangan rumah. Dijamin rumah bertambah indah berbingkai pola hidup sehat!

1 komentar: