Selamat Datang di Situs Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur, Email : bpp.pucanglaban@gmail.com, website : http://bpppucanglaban.blogspot.com - Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Selalu Peduli Demi Kesejahteraan Masyarakat Tani

Selasa, 15 Mei 2012

Penilaian Poktan Se-Kabupaten Tulungagung

Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung sebagai instansi pemerintah, menggandeng Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) serta Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten  Tulungagung, berupaya untuk menggali potensi serta tingkat kualitas kelompok tani di Kabupaten Tulungagung. Di setiap kecamatan diwakili oleh satu kelompok tani. Dengan demikian total terdapat 19 kelompok tani di Kabupaten Tulungagung sebagai obyek penilaian. Dengan metode tersebut maka dapat diketahui kapasitas kelompok tani. Bila kapasitasnya bagus maka perlu untuk ditingkatkan, bilamana yang terjadi adalah sebaliknya maka tentunya harus dilakukan pembenahan dalam rangka menuju kelompok tani yang diharapkan kualitasnya. Termasuk dalam kegiatan tersebut, Kelompok Tani Perempuan Puji Luhur Desa Demuk yang mewakili di Kecamatan Pucanglaban, yang mana dilaksanakan pada pada hari selasa tanggal 3 April 2012 bertempat di rumah Ketua Kelompok Tani Perempuan Puji Luhur Desa Demuk.


Kelompok tani merupakan salah satu organisasi yang menentukan kemajuan serta perkembangan pertanian di suatu wilayah. Hal tersebut dikarenakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pertanian diorganisir di wadah tersebut, baik mengenai pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diselenggarakan pemerintah, pengadaan dan distribusi pupuk bersubsidi, bantuan untuk usaha masyarakat tani (misal PUAP, LM3, dan sebagainya), serta masih banyak kegiatan lainnya.
Bertolak dari kenyataan di atas maka kelompok tani sebagai perwakilan dari petani/ masyarakat tani harus mempunyai kapasitas yang bagus, khususnya dalam bidang sumberdaya manusianya, kemudian diikuti bagian kelembagaannya. Perlu diketahui bahwa kelembagaan yang dimaksud meliputi organisasi, administrasi, budidaya pertanian, serta ekonomi perkoperasian. 



Ibu-ibu anggota Poktan Puji Luhur sedang menunggu para penilai gabungan dari Dinas Pertanian, BKPP dan Bappeda


Acara sambutan pembukaan dari salah satu tim penilai


Prosesi penilaian keadministrasian dari BKPP


Prosesi penilaian budidaya pertanian dari Dinas Pertanian



Prosesi penilaian ekonomi perkoperasian dari Bappeda

Pose bersama (dari kiri) : Mantri Tani Kec. Pucanglaban (Bu Sri In), Penyuluh Pertanian Desa Demuk Kec. Pucanglaban (Pak Sandis), BKPP (Bu Panca), Dinas Pertanian (Pak Edi)

Salah satu contoh menu makanan khas di Kecamatan Pucanglaban. Paling khas : tiwul/ nasi jagung dipadu dengan tongkol super pedas dan urap-urap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar