Selamat Datang di Situs Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur, Email : bpp.pucanglaban@gmail.com, website : http://bpppucanglaban.blogspot.com - Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Selalu Peduli Demi Kesejahteraan Masyarakat Tani

Sabtu, 23 Juni 2012

Musim Tanam 2012/ 2013

Suhu yang begitu panas sungguh terasa membakar kulit yang tak terlindungi. Namun, hal itu tidak menyurutkan stakeholder dari Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung, BPP Pucanglaban, maupun perwakilan gabungan kelompok tani (gapoktan) dan kelompok tani (poktan) se-Kecamatan Pucanglaban untuk keperluan mengadakan pertemuan insidental, tepat hari Senin (18/06), dalam hal pembahasan Penyusunan Rencana Tanam Musim Tanam 2012/ 2013. Pertemuan tersebut diselenggarakan di aula Balai Desa Pucanglaban.

Bapak Ir. Muhadi, didampingi Mantri Tani Kecamatan Pucanglaban (Ibu Sri In, S.P.) beserta perwakilan dari Dinas Pertanian lainnya, menjelaskan betapa pentingnya penyusunan rencana tanam tersebut untuk musim tanam yang akan datang karena sangat berpengaruh pada jumlah pupuk bersubsidi dari pemerintah yang akan didistribusikan untuk masyarakat tani dan juga tentunya prediksi suatu produktivitas hasil panen dari tanaman pangan yang dibudidayakan. Dengan dukungan sejumlah 1.031 kelompok tani se-Kabupaten Tulungagung, harapannya mampu mendorong dan berperan serta mensukseskan swasembada pangan di tahun berikutnya.

Melalui pertemuan tersebut, diagendakan juga cross check mengenai luasan lahan (tanam) khusus tanaman pangan, baik di lahan sawah; tegal; pekarangan; maupun eks hutan, yang diusahakan oleh para petani di Kecamatan Pucanglaban. Didampingi oleh para Penyuluh Pertanian masing-masing, perwakilan gapoktan/ poktan dari 9 (sembilan) desa mencoba untuk meneliti kembali luasan tanam yang hasilnya kemudian dituangkan di media blangko/ format isian yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh petugas, dalam rangka menjaga validitas data yang dibutuhkan. Secara spesifik, format isian tersebut mengakomodir data mengenai nama-nama poktan dalam satu desa yang mana masing-masing poktan dimaksud mengusahakan tanaman pangan (padi, jagung, dan sebagainya) sampai seluas berapa hektar (Ha) kah ?. Selain itu, termasuk data tentang jadual penanaman suatu komoditas pangan pada musim tanam yakni musim hujan (MH) pada bulan Oktober 2012 s.d. Januari 2013, musim kemarau I (MK I) jatuh pada bulan Pebruari 2013 s.d. Mei 2013, selanjutnya musim kemarau II (MK II) di bulan Juni 2013 s.d. September 2013 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar